Astra Otoparts
English | Indonesian
 
   
 
Home » CSR » Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
 
 
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Pendidikan
Lingkungan
Kesehatan
Pengembangan Wirausaha
Biaya Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Public Official's Testimony
 
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Sesuai visi dan misinya, Astra Otoparts menjadikan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian integral dari setiap kegiatan usaha. Perusahaan menyadari bahwa aktivitas usaha yang dijalankan dapat memberikan dampak bagi masyarakat di sekitar perusahaan berada, baik dampak ekonomi, sosial maupun lingkungan. Oleh karena itu, kegiatan CSR yang dilaksanakan Astra Otoparts mencerminkan tanggung jawab perusahaan terhadap para para pemangku kepentingan.

Astra Otoparts menerapkan sistem manajemen Astra Friendly Company (AFC) yang merupakan sistem standar manajemen pelaksanaan CSR bagi perusahaan-perusahaan di lingkungan grup Astra. Kriteria-kriteria AFC merupakan pedoman untuk membangun hubungan sosial yang berkualitas antara perusahaan dengan para pemangku kepentingannya, termasuk karyawan dan keluarganya, para pemegang saham, pelanggan, pemasok, komunitas, pemerintah, lingkungan, dan masyarakat umum. Hubungan yang seimbang dan harmonis harus dikembangkan dan dipelihara, agar tercipta kemitraan saling menguntungkan dengan semua pemangku kepentingan. Melalui standar AFC, perusahaan diharapkan dapat mengintegrasikan aspek sosial dalam setiap keputusan bisnisnya dan melaksanakan program kerja yang secara sistematis dapat memenuhi hak-hak pemangku kepentingan.

Perencanaan strategis perusahaan mengenai CSR pada dasarnya terdiri dari tiga unsur, yaitu People, Planet, Profit, yang masing-masing terfokus pada empat bidang, yaitu pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan pengembangan kewirausahaan.

Pada tahun 2012, pelaksanaan program-program CSR Astra Otoparts masih difokuskan pada bidang pendidikan dan pengembangan kewirausahaan (Income Generating Activities IGA) walaupun bidang lingkungan hidup tetap menjadi prioritas karena merupakan program jangka panjang dan berkelanjutan yang terintegrasi dalam inisiatif Astra Go Green yang melibatkan partisipasi seluruh karyawan grup Astra dan masyarakat dalam kegiatan yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Bidang pendidikan tidak hanya bersifat donasi, tetapi lebih kepada upaya penguatan kompetensi tenaga pendidik dan peningkatan kecakapan hidup (life skill) masyarakat. Sedangkan pengembangan kewirausahaan merupakan salah satu upaya membantu optimalisasi sumber daya perekonomian masyarakat. Perusahaan mengembangkan program pemberdayaan ekonomi bagi kelompok masyarakat kurang mampu. Bagian terpenting bagi keberhasilan program ini adalah adanya pendampingan berkelanjutan yang mampu meningkatkan kemampuan seperti pelatihan keterampilan spesifik serta pemberian dana bergulir. Diharapkan pola bantuan ini mampu menjadi pintu masuk peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.


 
     
     
 
   
Copyright © 2014 PT Astra Otoparts Tbk. All Rights Reserved. Powered by Menaravisi